Kamis, 30 Juni 2011

JENIS-JENIS PENELITIAN



JENIS-JENIS PENELITIAN

Apakah penelitian itu? Penelitian dapat dirumuskan  sebagai penerapan pendekatan ilmiah pada pengkajian suatu masalah dan bertujuan untuk menemukan jawaban terhadap persoalan yang berarti, berupa fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang memungkinkan manusia dapat memahami fenomena dan memecahkan masalah yang dihadapinya.
Penelitian menurut pengukuran dan analisis data penelitian dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
1.      Penelitian kuantitatif, yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistic. Penelitian yang sering menggunakan cara ini adalah penelitian eksperimen dan survey.
a.       Penelitian Eksperimen
Yaitu suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel yang lain dalam kondisi yang terkontrol secara ketat. Variabel independennya dimanipulasi oleh peneliti.
b.      Penelitian Survey
Yaitu enelitian yang dilakukan pada popolasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut, sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif, distribusi dan hubungan-hubungan antar variabel sosilogis maupun psikologis.
2.      Penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang datanya dinyatakan dalam bentuk verbal dan dianalisis tanpa menggunakan data statistic. Penelitian yang sering dilakukan dengan cara ini adalah Case Study (studi kasus), Anthropological Reseach (penelitian antrpologi), Penelitian Naturalistik, dan penelitian sejarah.
a.       Penelitian Sejarah
Berkenaan dengan analisis yang logis terhadap kejadian-kejadian yang berlangsung di masa lalu. Sumber datanya bisa primer, yaitu orang yang terlibat langsung dalam kejadian itu, atau sumber-sumber dokumentasi yang berkenaan dengan kejadian itu. Tujuan penelitian sejarah adalah untuk merekonstruksi kejadian-kejadian masa lampau secara sistematis dan obyektif, melalui pengumpulan, evaluasi, verifikasi,


dan sintesa data diperoleh, sehingga ditetapkan fakta-fakta untuk membuat suatu kesimpulan.

b.      Penelitian Naturalistic
Metode penelitian ini sering disebut dengan metode kualitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alami (sebagai lawannya) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.

Tabel jenis-jenis penelitian
Jenis-jenis Penelitian Tujuan
Metode
Tingkat Eksplanasi
Analisis & Jenis Data

a. Murni
b. Terapan


a. Survey
b. Ex. Post Facto
c. Eksperimen
d. Naturalistik
e. Policy Research
f. Action Research
g. Evaluasi
h. Sejarah

a. Deskriptif
b. Komparatif
c. Asosiatif


a. Kuantitatif
b. Kualitatif
c. Gabungan



Referensi:
Moehnilabib, M, dkk. 1997. Dasar-dasar Metode Penelitian. Malang: Lembaga Penelitian IKIP Malang.
Singarimbun, Masri, Sofian Effendi. 1989. Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3S.
Ary, Donald, dkk. 2007. Pengantar Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar